top of page

5 Hal Penting Dalam Melakukan Perawatan Pada Server


Mengapa perlu melakukan perawatan pada server?

Server adalah sistem komputer yang memiliki layanan khusus berupa penyimpanan data. Server akan menyimpan berbagai jenis dokumen dan menyediakan informasi untuk pengguna ataupun pengunjung. Server dalam sebuah bisnis dan perusahaan merupakan jantung bagi bisnis dalam pengoperasian sehari-hari, sehingga perlu adanya perawatan agar server tetap berjalan optimal agar tidak merugikan bisnis.

Pada era digital saat ini data sangatlah penting, perkembangan teknologi yang semakin canggih mendorong pelaku bisnis mengadopsi teknologi atau aplikasi berbasis SaaS (Software as a Service) ataupun software dengan server dedicated. Keduanya tentu bertujuan untuk memberikan efisiensi dan meningkatkan transaksi pada bisnis, untuk itu perawatan server sangatlah diperlukan oleh tenaga ahli. Menurut Ilyas Awaludin, Server & Open Source Engineer di PT Lintas Media Danawa ada 5 hal penting dalam melakukan perawatan pada server:


Instalasi Update & Patch Kegiatan ini cukup penting karena berhubungan langsung dengan kemampuan penanganan pekerjaan oleh sistem operasi dan juga perangkat lunak server yang digunakan. Pentingnya melakukan instalasi update dan patch rutin bagi perangkat keras dan lunak server anda akan membantu menjaga dalam memberikan pengamanan terbaru yang bisa diberikan. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam kegiatan ini adalah memastikan bawah setiap aplikasi dan konten yang berada di dalam server dan di atas sistem operasi yang digunakan masih dapat di akses dan berjalan dengan baik setelah proses update dilakukan. Hal ini jelas sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab setiap Pelanggan. Memastikan versi sistem operasi dan segala patch yang akan di update pada perangkat lunak server berbanding lurus dengan versi aplikasi dan konten yang Anda gunakan adalah hal mendasar yang harus diperhatikan guna menjaga operasional bisnis Anda tidak terganggu.

Mengulas Data hasil Backup Beberapa perusahaan sudah terbiasa dengan melakukan backup rutin retensi mereka, hanya saja perlu dipastikan kembali bahwa data hasil backup tersebut bisa digunakan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan pada server. Memastikan data hasil backup bisa digunakan adalah hal yang cukup penting dan menentukan. Pengecekan kesehatan data hasil backup server Anda perlu dilakukan secara rutin, karena akan berpengaruh kepada proses operasional bisnis Anda jika ada kendala atau masalah pada server Anda.


Pemeriksaan keamanan Ketika server menyala selama 24 jam maka penggunaan Firewall atau Proxy Server inilah yang akan memberikan perlindungan pada server agar terhindar dari tindakan ilegal seperti gangguan virus maupun penyusupan.Dengan menggunakan program ini juga mencegah orang yang tidak berkepentingan membangun koneksi dan mendapatkan akses ke jaringan kalian.


Perlindungan terhadap Virus Antivirus memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan dan keamanan data komputer dari serangan virus. Virus bisa menyebar dari file unduhan atau masuk ketika browsing internet. Jangan lupa, pengguna juga harus sering melakukan update antivirus.


Pembersihan hardware dan software server Jika anda memiliki server berupa fisik, maka perlu dilakukan perawatan dan pembersihan terhadap perangkat server.


Perawatan Server Berkala - Managed Server
Perawatan Server Berkala - Managed Server

Dengan rutin melakukan pembersihan seluruh bagian perangkat keras pada komputer server tersebut. Mengapa demikian? Karena komputer server biasanya bekerja non-stop sehingga bisa dipastikan bahwa ada banyak debu yang menempel pada beberapa bagian perangkat komputer. Perangkat yang pasti mengalaminya yaitu power supply.


Kerja komputer server yang tidak ada hentinya membuat penumpukan debu di kipas power supply semakin tebal dan suatu saat nanti akan mengganggu kinerja komputer server jika tidak segera dibersihkan. Tumpukan debu tersebut akan menghambat pergerakan dari kipas dan kemudian suhu di dalamnya pun tidak terkendali. Bisa menyebabkan kerja komputer menjadi tidak stabil karena panasnya terlalu berlebih. Jadi sangat dianjurkan untuk membersihkan seluruh bagian perangkat komputer server secara rutin, minimal sebulan sekali.

Dari sisi software juga harus dilakukan pembersihan dengan mengurangi install aplikasi. Cara ini jadi langkah yang baik untuk meningkatkan performa kerja komputer server. Jika ingin menginstall aplikasi cukup install yang dirasa perlu dan dibutuhkan saja.

Jika di perusahaan Anda mengalami kendala untuk pengecekan dan perawatan rutin pada server, Anda bisa menggunakan jasa atau layananan Managed Service dari PT Lintas Media Danawa. Memberikan performa terbaik pada server Anda dengan melakukan pengecekan secara rutin dan dimonitor 24/7 dengan tim ahli dibidangnya.


Lintas Media Danawa
Lintas Media Danawa








Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page