top of page

Cara Tepat Untuk Meningkatkan Conversion Rate Pelanggan


Apa itu Conversion Rate?

Conversion Rate atau Tingkat Konversi adalah persentase total pengunjung webiste dari semua yang mengambil tindakan untuk menguntungkan pemilik bisnis situs web. Tingkat konversi yang tinggi menunjukkan keberhasilan pemasaran, dengan kata lain pengunjung website menginginkan apa yang ditawarkan perusahaan dan mereka bisa mendapatkannya dengan mudah.


Tolok ukur ini biasa digunakan oleh perusahaan dalam tim pemasaran untuk melihat apakah aktivitas pemasaran dari berbagai saluran yang berbeda dapat bekerja secara efektif dan tepat sasaran. Selain kampanye yang konsisten dan terencana, Anda dapat menjalankan iklan di mesin pencari dan media sosial. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan konversi yang mengarah pada pemasaran sukses dan peningkatan transaksi. Secara umum, tingkat konversi dapat dihitung dengan membagi jumlah konversi di webiste dengan jumlah total pengunjung webiste. Hasil pembagian akan dikalikan dengan 100 untuk mendapatkan hasil dalam bentuk persentase.


Conversion rate atau tingkat konversi dapat menentukan keberhasilan upaya pemasaran dan penjualan suatu perusahaan. Namun pada kenyataannya, untuk mendapatkan prosentase yang baik tentunya Anda perlu memiliki strategi jitu untuk meningkatkan transaksi bisnis. Jadi bagaimana Anda meningkatkan tingkat konversi?


Cara Tepat Meningkatkan Conversion Rate Pelanggan
Cara Tepat Meningkatkan Conversion Rate Pelanggan

Cara Efektif untuk Meningkatkan Rasio Konversi / Conversion Rate

Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya rasio konversi, mulai dari webiste yang tidak efektif dan membingungkan bagi pengunjung, hingga kurangnya informasi penting bagi pengunjung webiste (calon pelanggan) dan pengunjung webiste merasa sulit untuk terhubung bisnis (Agen CS). Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk meningkatkan tingkat konversi Anda.


Search Engine Optimization (SEO) Untuk mendapatkan peringkat teratas di search engine melalui iklan, tentunya Anda harus mengeluarkan banyak biaya. Untuk menekan biaya tersebut, Anda dapat menggunakan metode SEO organik (tanpa iklan) dengan cara memasarkan secara sistematis di webiste dan menentukan kata kunci yang Anda targetkan.

SEO secara organik adalah cara yang paling efektif untuk pemasaran digital, tidak memerlukan terlalu banyak biaya seperti iklan dan dapat mencapai hasil yang maksimal jika Anda menggunakan kata kunci yang tepat, pemasaran yang terencana, konsisten.


Maksimalkan CTA (Call to Action) CTA atau ajakan bertindak telah menjadi andalan untuk meningkatkan konversi yang paling efektif. Tujuannya adalah untuk membuat pengunjung melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan, seperti mendaftar keanggotaan atau membeli produk unggulan. Di sinilah CTA berperan cukup besar dalam mengubah audiens Anda menjadi konsumen. Jika CTA Anda tidak memiliki pesan yang jelas dan tidak ditempatkan secara strategis, kemungkinan pengunjung Anda tidak ingin melakukan tindakan tertentu.


Landing Pages atau Website Interaktif Masih berkaitan dengan SEO dan CTA tentunya, langkah awal untuk memaksimalkan SEO dan CTA adalah website yang interaktif. Masyarakat dapat dengan mudah menemukan informasi yang diperlukan, website tidak lambat dalam mengakses dan dapat dibuka pada aplikasi mobile (mobile-friendly application), dimana saat ini pengguna banyak mencari informasi melalui smartphone.


Upselling dan Cross Selling dengan Strategi Omnichannel CRM Walapun sudah melakukan banyak cara untuk meningkatkan tingkat konversi di atas, pada kenyataannya masih banyak kemungkinan pengunjung untuk meninggalkan webiste Anda tanpa mencoba untuk terhubung dengan bisnis Anda dan tanpa menyelesaikan transaksi apa pun. Meskipun secara teknis ini tidak mengubah tingkat konversi, dengan Omnichannel CRM dan strategi pemasaran ulang yang memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan dari saluran mana pun, ini dapat meningkatkan penjualan.


Strategi Omnichannel CRM adalah cara untuk meningkatkan konversi dengan terhubung dengan audiens di berbagai media, dengan kampanye yang konsisten di beberapa saluran, dan setiap chat dari berbagai saluran dapat dikumpulkan dalam satu dasbor untuk terhubung langsung dengan perusahaan. Selain itu, Omnichannel CRM dapat menjangkau audiens Anda yang lebih luas dengan pesan instan WhatsApp. Cara ini cukup efektif dalam menjaga pengunjung tetap terhubung dengan bisnis Anda dan memicu transaksi berkelanjutan.


eBesha Omnichannel CRM
eBesha Omnichannel CRM





Ingin membangun loyalitas pelanggan Anda? Gunakan strategi Omnichannel CRM untuk membangun loyalitas pelanggan.




Comments


bottom of page