top of page

Cari Tahu Disini, Bagaimana Omnichannel CRM Dapat Membantu Bisnis Anda!


Bagaimana Omnichannel CRM Membantu Bisnis Anda? Salah satu faktor terpenting dalam dunia bisnis pada saat ini adalah bagaimana dalam siklus pelanggan dapat terhubung satu sama lain (antar penjual dan pembeli) di media apapun. Pelanggan saat ini memiliki ekspektasi lebih saat mencari apa yang mereka inginkan di media yang mereka sukai.


Menurut data Statistik Omnisend untuk tahun 2022 melaporkan bahwa bisnis dengan menerapkan Omnichannel menghasilkan frekuensi pembelian 250% lebih tinggi daripada bisnis yang belum menerapkan Omnichannel, dan dengan menerapkan Omnichannel bisnis akan mendapatkan atau menciptakan pelanggan loyal.


Bisa dikatakan, menggunakan solusi Omnichannel CRM telah menjadi salah satu tren bisnis terbesar dalam beberapa tahun terakhir ini dan yang akan mendatang, terutama pada tahun 2023 ini. Ingin tahu apa saja manfaatkan Omnichannel CRM pada bisnis? Simak artikel berikut ini.

Omnichannel dan Multichannel.

Fungsi utama Omnichannel CRM adalah menghadirkan saluran pelanggan di berbagai platform dan menciptakan interaksi yang mulus antara pelanggan dan pelaku bisnis di berbagai saluran pelanggan. Dengan menyediakan berbagai pilihan saluran, kini pelaku bisnis dapat memenuhi kebutuhan pelanggan-nya yang berharap dapat mencari informasi, melakukan pemesanan produk kapan pun dan di mana pun mereka mau. Hal ini memungkinkan pelaku bisnis untuk melacak perilaku pelanggan di semua saluran dan mendapatkan informasi berharga untuk meningkatkan penawaran produk dan strategi pemasaran.


Namun perlu diketahui antara Omnichannel dan Multichannel merupakan dua hal yang berbeda, walapun pada dasarnya sama-sama memberi berbagai pilihan saluran layanan pelanggan. Berikut perbedaannya:

Multichannel
Multichannel

Omnichannel
Omnichannel



Multichannel: Memberikan berbagai pilihan saluran layanan pelanggan dan di setiap saluran harus ada agent /admin yang memonitor setiap platform.









Omnichannel: Memberikan berbagai pilihan saluran layanan pelanggan dan di monitor dalam satu dasbor saling terintegrasi, sehingga agent/ admin tidak perlu monitor dari setiap platform.












Jika dilihat kedua diatas, perbedaan terbesar antar keduanya ialah pada sisi saluran. Keduanya melibatkan interaksi dengan pelanggan menggunakan berbagai saluran pelanggan. Tetapi pada Multichannel pengoperasian masing-masing saluran ini secara independen satu sama lain, sedangkan pada Omnichannel membuat setiap saluran saling terintegrasi. Hal ini memungkinkan transisi keterlibatan pelanggan yang mulus dari satu saluran ke saluran lainnya, sehingga membentuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Perbedaan kedua ialah personalisasi, Omnichannel membangun profil pelanggan yang jauh lebih akurat, memungkinkan perusahaan untuk memberikan interaksi personal yang lebih tepat kepada pelanggan mereka. Ini karena, saling terintegrasi antar saluran secara mulus, pendekatan Omnichannel dapat mengumpulkan lebih banyak titik data yang mencerminkan perilaku pelanggan secara akurat.


Bagaimana Omnichannel CRM Dapat Membantu Bisnis Anda!
Bagaimana Omnichannel CRM Dapat Membantu Bisnis Anda!

Apapun Bisnisnya Bisa Menggunakan Omnichannel CRM.

Banyak perusahaan di Indonesia sudah mulai mengadopsi solusi teknologi Omnichannel CRM sebagai sarana menjalin hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka. Bukan hanya itu, Omnichannel CRM dapat merampingkan bisnis proses, memberikan efisiensi pada perusahaan dan menyasar target market lebih tepat. Berikut ini beberapa hal yang dapat di manfaatkan dengan Omnichannel CRM:

Kumpulkan data dan bangun profile pelanggan Identifikasi dan jelajahi semua platform dan kontak yang digunakan oleh pelanggan Anda. Dengan analisis yang cermat, Anda dapat menentukan saluran mana yang berfungsi paling baik, bagaimana pelanggan Anda lebih suka berinteraksi, dan titik data lain yang diperlukan untuk membangun profil pelanggan.

Segmentasi pelanggan Anda Ketika Anda telah mengumpulkan semua data yang Anda butuhkan dan telah membangun profil tentang pelanggan, Anda bisa kelompokan untuk melakukan Analisa. Memisahkan pelanggan ke dalam kelompok berdasarkan kesamaan mereka memungkinkan Anda mempersonalisasi pengalaman dalam berinteraksi dan menargetkan kelompok pelanggan tertentu.

Melakukan promosi tepat sasaran Setelah melakukan segmentasi, Anda dapat manfaatkan data tersebut untuk memberikan penawaran menarik, sehingga pelanggan kembali untuk melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

Evaluasi kinerja dan optimalkan Omnichannel CRM membantu bisnis mengakses lebih banyak data dan feedback dari pelanggan. Melakukan evaluasi secara rutin untuk mengukur performa dan bandingkan dengan KPI (Key Performance Indicator) yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sehingga Anda dapat selalu memberikan pelayanan prima bagi pelanggan Anda.

Cepat Saat Memberi Respon Selain untuk menangani keluhan pelanggan dari berbagai saluran dan melakukan pencatatan dalam Sistem CRM sampai keluhan tersebut teratasi, manfaat lainnya adalah jika menggunakan Omnichannel CRM, antara lain untuk memberikan promosi serta meningkatkan interaksi dengan pelanggan agar lebih cepat mendapatkan informasi dengan bantuan chatbot.

Karena itu, apapun bisnis dan usahanya, selama masih melakukan interaksi dengan pelanggan maka menggunakan solusi Omnichannel CRM akan sangat relevan dan memberikan manfaat lebih bagi bisnis Anda. Hubungi dan dapatkan konsultasi secara gratis untuk layanan eBesha Omnichannel CRM bagi bisnis Anda sekarang.




Comentários


bottom of page