top of page

CDN: Cara Membuat Website Anda Lebih Cepat dan Lebih Handal


Website yang cepat dan handal merupakan faktor penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan konversi. Mengapa website yang cepat dapat meningkatkan konversi? Karena saat ini masyarakat pada umumnya jika ingin mencari suatu informasi melalui search engine, termasuk mencari barang yang mereka butuhkan. Untuk itu, penting bagi penyedia layanan atau pebisnis untuk memperhatikan performa website mereka, jangan sampai ketika pengguna saat membuka website loading yang cukup lama dan membuat pengguna meninggalkan website Anda (bonce rate).

Ini sama saja dengan kehilangan kesempatan berharga, apalagi jika pengunjung bisa berubah menjadi pelanggan potensial. Untuk mengetahui penyebab atau penyebab website lambat, Anda bisa merujuk ke link artikel di bawah ini.


Alasan Mengapa Performa Website Harus Cepat

Performa website merupakan hal yang penting, terutama bagi Anda sebagai pelaku bisnis. Dampak yang ditimbulkan oleh website yang lambat dapat merugikan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memperbaikinya dan membuat situs Anda lebih cepat saat diakses.


Menurunkan Bouncing Rate Semakin tinggi bounce rate, berarti banyak pengunjung website Anda yang hanya mampir sesaat. Hal ini bisa di sebabkan oleh banyak faktor, salah satunya website loadingnya lambat. Sehingga mempengaruhi kemampuan website untuk menghasilkan user engagement yang tinggi. Website harus cepat jika kamu menginginkan bounce rate yang rendah.


Meningkatkan SEO Kecepatan dalam mengakses suatu website memiliki peran yang sangat penting dalam Search Engine Optimization (SEO). SEO adalah proses optimasi halaman web dan konten di dalamnya agar mudah ditemukan dan diindeks oleh mesin pencari seperti Google, sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas organik (gratis) ke situs web dengan meningkatkan peringkat halaman di mesin pencari, dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mencari informasi yang relevan dengan situs tersebut. Ini dapat meningkatkan peluang transaksi yang terjadi pada bisnis Anda.


Menghadirkan Pengalaman Terbaik Pengunjung Website Kecepatan dalam mengakses situs web dapat mempengaruhi persepsi user terhadap website Anda. Jika website Anda memerlukan waktu yang cukup lama saat diakses atau jika ada kesalahan dalam proses, hal tersebut akan membuat website terlihat sangat tidak profesional dan tidak dapat dipercaya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa performa dan kecepatan website sangat penting, terutama untuk bisnis. Dengan mengoptimalkan kinerja situs web Anda, Anda memastikan kepuasan pengguna dan bahkan dapat membuat bisnis Anda lebih sukses. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN).


Website Lebih Cepat dan Handal
Website Lebih Cepat dan Handal

Website Lebih Cepat dan Lebih Handal Dengan CDN

CDN (Content Delivery Network) adalah jaringan global yang terdistribusi di seluruh dunia yang digunakan untuk mengirimkan konten web dengan cepat dan dapat diandalkan kepada pengguna di seluruh dunia. CDN menggunakan teknologi caching untuk menyimpan salinan konten di berbagai lokasi geografis, sehingga saat pengguna mengakses konten, mereka dapat mengambilnya dari lokasi terdekat yang memiliki salinan terdekat dari konten tersebut.

Beberapa fitur yang mungkin tersedia melalui layanan CDN yang dapat membantu dalam meningkatkan kecepatan dan performa website Anda, diantaranya:

Caching Statis CDN dapat menyimpan salinan statis dari konten website Anda, seperti gambar, file CSS, dan file JavaScript, di server edge mereka. Ini akan membuat konten tersebut lebih cepat diakses oleh pengguna karena mereka tidak perlu mengambilnya dari server utama Anda.

Caching Dinamis Beberapa layanan CDN juga dapat menyimpan salinan dinamis dari konten website Anda, seperti halaman HTML, di server edge mereka. Ini dapat membantu dalam mengurangi beban pada server utama Anda dan mempercepat waktu pemuatan halaman.

Dukungan SSL Beberapa layanan CDN juga mendukung Secure Sockets Layer (SSL) untuk meningkatkan keamanan konten website Anda.

Dukungan Multi-CDN Beberapa layanan CDN juga menyediakan dukungan untuk Multi-CDN, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan beberapa jaringan CDN sekaligus untuk meningkatkan kinerja dan keandalan website Anda.

Dukungan untuk streaming media Beberapa layanan CDN juga menyediakan dukungan untuk streaming media seperti video dan audio, yang dapat membantu dalam meningkatkan pengalaman pengguna ketika menonton konten multimedia di website Anda.

Dengan menggunakan CDN, Anda dapat membuat website Anda lebih cepat dan lebih handal. Selain itu, CDN juga dapat meningkatkan keamanan dan keandalan website Anda dengan cara menyebar beban trafik ke beberapa server. Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda dapat menggunakan layanan CDN dari Varnish Software.

CDN Varnish Software

Varnish Cache adalah salah satu produk unggulan mereka yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan salinan konten web pada server lokal mereka sehingga mengurangi waktu akses ke konten dan mempercepat pengiriman konten ke pengguna.

Varnish Cache merupakan teknologi open-source yang dapat diintegrasikan dengan web server seperti Apache dan Nginx. Selain itu, Varnish Cache juga dapat digunakan sebagai reverse proxy untuk mengontrol akses ke web server.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan Varnish Cache sebagai CDN antara lain:

Meningkatkan kecepatan akses Varnish Cache menyimpan salinan konten web pada server lokal, sehingga mengurangi waktu akses ke konten dan mempercepat pengiriman konten ke pengguna. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan akses website Anda dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Mengurangi beban server Dengan menyimpan salinan konten web pada server lokal, Varnish Cache dapat mengurangi beban server dan mempercepat waktu respons dari server web.

Meningkatkan skalabilitas Varnish Cache dapat diintegrasikan dengan server web yang ada dan dapat digunakan untuk meningkatkan skalabilitas website Anda.

Efisiensi biaya operasional Dengan menggunakan Varnish Cache, Anda dapat menghemat biaya operasional dengan mengurangi beban server dan memperpanjang masa pakai server.

Varnish Software juga menyediakan produk dan layanan yang lebih canggih untuk kebutuhan CDN yang lebih kompleks, seperti Varnish Enterprise dan Varnish API Engine. PT Lintas Media Danawa adalah partner resmi di Indonesia dalam menyediakan dan implementasi di website bisnis Anda.

Ingin performa website Anda lebih cepat dan lebih handal? Hubungi kami di:



Lintas Media Danawa
Lintas Media Danawa










Comments


bottom of page