top of page

Ingin Membangun Loyalitas Pelanggan?Jangan Biarkan Pelanggan Anda Merasa Kehilangan!


Maksimalkan Peran Customer Service untuk Loyalitas Pelanggan

Memiliki pelanggan setia tentu menjadi dambaan setiap pebisnis. Karena pelanggan yang loyal berperan penting dalam pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan dan semakin dicari. Kenapa begitu? Apa itu loyalitas pelanggan?


Loyalitas pelanggan atau customer loyalty berarti bahwa mereka (pelanggan) terus membeli dan menggunakan produk kami, terus berbisnis dengan kami, dan bahkan dapat menjadi duta penjualan dengan rekomendasikan ke orang lain. Oleh karena itu, memberikan pelayanan terbaik, penawaran menarik kepada pelanggan yang sudah ada tidak kalah pentingnya dengan mencari pelanggan baru. Pada postingan sebelumnya, kita telah membahas tentang efektivitas memperoleh pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dalam konteks operasional dan efisiensi perusahaan.

Tiga Kunci Menciptakan Loyalitas Pelanggan

Value, Brand dan Relationship, ketiga poin penting ini dapat dimaksimalkan untuk mempertahankan pelanggan dalam sebuah bisnis.


Value Nilai yang diterima pelanggan untuk produk/layanan yang Anda berikan kepada mereka. Apakah nilai dalam hal kualitas produk/layanan, nilai dalam hal harga atau cashback, program poin, atau nilai lain yang membuat calon pelanggan Anda mengatakan dan memutuskan "Saya harus membeli produk ini".

Yang terpenting, bagaimana solusi yang ditawarkan perusahaan, memenuhi kebutuhan perusahaan atau memecahkan masalah yang dihadapi perusahaan.


Brand The Power of Brand. Setelah sebuah perusahaan memiliki produk dan layanan yang baik dengan nilai-nilai yang memenuhi harapan pelanggan, merek yang kuat akan menciptakan kepercayaan bagi pelanggan dan calon pelanggan. Untuk itu, tim pemasaran memiliki kontribusi yang cukup besar untuk membangun brand image, sehingga dikenal luas.


Relationship Kunci penting diantara value dan brand adalah relationship, karena yang membedakan perusahaan lain dengan produk dan layanan yang sama adalah hubungan atau layanan purna jual. Value dan Brand mudah ditiru dan diubah oleh perusahaan lain, sehingga pelanggan tidak dapat dijamin loyalitas-nya hanya pada nilai yang baik dan merek yang kuat tanpa layanan purna jual yang baik.


Relationship berbeda dengan value dan brand yang dapat diukur, relationship ialah seberapa baik hubungan yang dibangun perusahaan dengan pelanggan-nya, pendekatan dengan pelanggan setelah berlangganan, sehingga pelanggan tidak merasa kehilangan semangat setelah menjadi/berlangganan di perusahaan Anda. Jangan sampai pelanggan Anda berpikir “Dahulu dikejar-kejar, sudah jadi pelanggan disia-siakan”.

Maksimalkan Peran CS untuk Loyalitas Pelanggan
Maksimalkan Peran CS untuk Loyalitas Pelanggan

Memaksimalkan Peran Customer Service untuk Up Selling & Cross-Selling

Hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan sangat besar pengaruhnya terhadap loyalitas mereka. Hubungan yang baik dapat diciptakan oleh perusahaan dengan cara berinteraksi dengan pelanggan, dan interaksi akan dapat terjadi jika perusahaan memiliki informasi yang (cukup) baik tentang pelanggan.


Dengan informasi yang cukup, peran customer service tidak lagi hanya sekedar membalas pesan dan menangani keluhan pelanggan, namun dapat dimaksimalkan membangun relasi dengan pelanggan untuk menciptakan transaksi melalui up-selling dan cross-selling.



Customer service kini sangat dimudahkan dengan hadirnya solusi yang membuat customer service lebih efektif dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Sebagai solusi aplikasi CRM, semua data pelanggan dan keluhan pelanggan akan tersimpan dalam satu sistem. Tim customer service kemudian dapat menggunakan data ini untuk berinteraksi lebih proaktif dengan pelanggan, menjawab pertanyaan, menerima keluhan pelanggan, dan mengarahkan ke transaksi (up-selling dan cross-selling).


Buat Pelanggan Anda Senang Saat Berinteraksi

eBesha Omnichannel CRM adalah aplikasi CRM Service yang terintegrasi dengan Omnichannel. Data pelanggan ter-dokumentasi dengan baik, tidak ada satupun keluhan pelanggan yang ter-lewatkan, semuanya masuk ke dalam sistem eBesha dan yang terpenting, banyaknya pilihan saluran yang memudahkan pelanggan berinteraksi dengan perusahaan. Kunci agar terjadinya interaksi yang baik adalah adanya percakapan yang dimulai dari pelanggan, pelanggan tidak segan-segan untuk bertanya dan menyampaikan keluhan. Sehingga pelaku bisnis dapat dengan mudah mendapatkan informasi pelanggan sebagai dasar bahan evaluasi, up-selling dan cross-selling.


Kenyamanan yang dimiliki pelanggan saat menghubungi dari berbagai saluran tentunya akan menambah pengalaman yang luar biasa dan membuat pelanggan semakin loyal terhadap bisnis Anda.

Sudahkah Anda memaksimalkan peran layanan pelanggan dalam bisnis Anda? Hubungi kami untuk berdiskusi lebih lanjut melalui:


eBesha Omnichannel CRM
eBesha Omnichannel CRM





留言


bottom of page