top of page

Kecerdasan Buatan (AI) Dapat Menggantikan Customer Service?


Sebelum membahas tentang Kecerdasan Buatan (AI) menggantikan peran customer service, mari kita ketahui dulu apa itu peran customer service. Customer service adalah proses memberikan layanan kepada pelanggan yang membantu menyelesaikan masalah, menjawab pertanyaan, dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Layanan pelanggan dapat diberikan melalui berbagai cara, seperti telepon, email, chat, atau melalui media sosial.

Peran penting dari customer service adalah membangun hubungan dengan pelanggan, layanan pelanggan atau customer service yang baik dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Peran penting lainnya adalah:


Membangun kepercayaan Layanan pelanggan yang baik dapat membangun kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan. Pelanggan yang merasa dihargai dan diperhatikan akan lebih cenderung untuk kembali dan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain.


Penyelesaian masalah Layanan pelanggan dapat membantu menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan efisien, yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.


Memberikan feedback Layanan pelanggan dapat memberikan feedback kepada perusahaan mengenai produk atau layanan yang diterima oleh pelanggan, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan di masa mendatang.


Menjaga reputasi Layanan pelanggan yang baik dapat menjaga reputasi perusahaan dengan cara menangani keluhan pelanggan dengan baik dan meminimalkan risiko negatif yang dapat ditimbulkan oleh ketidakpuasan pelanggan.


Meningkatkan loyalitas pelanggan Pelanggan yang merasa dihargai dan diperhatikan akan lebih setia pada perusahaan dan cenderung untuk tetap menjadi pelanggan dalam jangka panjang.

Secara keseluruhan, layanan pelanggan yang baik sangat penting bagi perusahaan karena dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan penjualan dan membangun reputasi perusahaan.

Layanan Pelanggan Menggunakan Kecerdasan Buatan (AI)

Layanan pelanggan merupakan salah satu bagian penting dari kelangsungan bisnis. Namun, untuk memberikan layanan pelanggan yang baik dapat menjadi tantangan tersendiri. Banyak perusahaan mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan pelanggan mereka. Salah satunya menggunakan chatbot dengan AI (Artificial Intelligence) seperti ChatGPT.


ChatGPT adalah sebuah model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI (kecerdasan buatan). Ini adalah model bahasa yang dapat digunakan untuk melakukan banyak hal, termasuk menyediakan layanan pelanggan. ChatGPT dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan pelanggan, menyelesaikan masalah, dan membantu pelanggan dengan cara yang sama seperti layanan pelanggan manusia. Salah satu kekuatan ChatGPT adalah kemampuannya untuk memahami konteks. Artinya, ChatGPT dapat memahami apa yang sebenarnya diminta oleh pelanggan, memberikan jawaban yang tepat dengan tata bahasa seperti halnya berbicara dengan manusia, dan kemampuan untuk mempelajari hal baru dari percakapan dengan pelanggan karena adanya Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan (AI) tersebut. Hal ini dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.


Selain itu, ChatGPT juga dapat bekerja selama 24 jam tanpa henti dan dapat menangani lebih banyak pelanggan dibandingkan dengan layanan pelanggan dengan agent (manusia). Hal ini dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dan mengurangi biaya operasional. Tidak hanya itu, ChatGPT juga dapat menyimpan data pelanggan dan melacak interaksi pelanggan sebelumnya, sehingga memudahkan dalam memberikan layanan pelanggan yang lebih personal.



Kecerdasan Buatan (AI) Customer Service
Kecerdasan Buatan (AI) Customer Service

Hal-hal yang harus diperhatikan saat customer service hanya menggunakan Kecerdasan Buatan (AI)

Meskipun ChatGPT memiliki banyak keunggulan, masih ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya sebagai layanan pelanggan di perusahaan tanpa adanya agent.


Kualitas Jawaban Meskipun ChatGPT dapat memberikan jawaban yang tepat, kualitas jawaban yang diberikan mungkin tidak sebaik jawaban yang diberikan oleh layanan pelanggan manusia.


Keterbatasan Dalam Menangani Masalah Kompleks ChatGPT saat ini mungkin tidak dapat menangani masalah yang sangat kompleks atau unik dengan baik seperti layanan pelanggan manusia.


Interaksi yang Kurang Personal Meskipun ChatGPT dapat menyimpan data pelanggan, interaksi dengan ChatGPT mungkin kurang personal dibandingkan dengan interaksi dengan layanan pelanggan dengan agent (manusia).


Kepercayaan Pelanggan Beberapa pelanggan lebih nyaman berinteraksi dengan layanan pelanggan agent daripada dengan Chatbot.

Artinya, saat ini peranan agent customer service tidak bisa langsung dihilangkan begitu saja, karena keterlibatan agent masih sangat penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Namun, ChatGPT dapat menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan perlu dipertimbangkan sebagai salah satu opsi dalam memberikan layanan pelanggan yang baik.


Optimalkan Saluran Layanan Pelanggan & Integrasikan Dengan Chatbot

Mengoptimalkan saluran layanan pelanggan yang saat ini ada dan mengintegrasikan dengan chatbot sangat penting karena dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Tanpa terkecuali untuk saluran WhatsApp dan Telegram, Anda dapat mengintegrasikan kedua saluran ini dengan chatbot untuk membantu memulai percakapan awal dengan pelanggan. Semua interaksi pelanggan lebih terarah dan pelanggan menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan lebih mudah. Chatbot tidak hanya dapat diintegrasikan dengan channel WhatsApp dan Telegram saja, namun semua channel customer service yang bersifat teks atau chat dapat diintegrasikan dengan chatbot. Seperti, Facebook Messenger, Instagram Direct Message, Live chat dan masih banyak lagi.

eBesha Omnichannel CRM adalah solusi untuk customer service atau layanan pelanggan yang memudahkan bisnis untuk menerima, memberikan jawaban atas pertanyaan pelanggan, dan menyediakan berbagai pilihan saluran layanan pelanggan. Agen hanya perlu melacak di satu dasbor, menghadirkan efisiensi dan kenyamanan bagi agen.Efektif dari segi waktu, dengan inisialisasi awal yang dilakukan oleh chatbot, agen tidak perlu mencari informasi “kenapa pelanggan menghubungi” karena semua informasi ini sudah dilakukan oleh chatbot.


Tingkatkan kepuasan pelanggan Anda dengan menggunakan solusi omnichannel CRM terkini yang dapat memberikan personalisasi pengalaman pelanggan serta efisiensi bagi layanan pelanggan Anda. Hubungi kami untuk segera menggunakan layanan omnichannel CRM yang dapat terhubung dengan kanal Telegram, WhatsApp, dan saluran lainnya.



Sebelum membahas tentang Kecerdasan Buatan (AI) menggantikan peran customer service, mari kita ketahui dulu apa itu peran customer service. Customer service adalah proses memberikan layanan kepada pelanggan yang membantu menyelesaikan masalah, menjawab pertanyaan, dan memenuhi kebutuhan pelanggan.






Comments


bottom of page