top of page

Membidik Konsumen UMKM Dengan WhatsApp Business API dan Omnichannel CRM


#UMKMgoDigital. Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM go Digital hingga tahun 2024. Seperti yang dikatakan oleh Mentri Koperasi UKM, Teten Masduki menyebut perlu 6 juta UMKM masuk digitalisasi per-tahun guna target tersebut terealisasi. Bukan tanpa alasan, UMKM go Digital untuk mengembangkan UMKM dalam negeri agar bisa bersaing. Salah satunya dengan digitalisasi tersebut. Oleh karena itu, di hadapan para pelaku startup, Teten mengajak untuk membantu proses digitalisasi.

UMKM Go digital

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat membidik konsumen dengan berbagai media pemasaran digital, seperti e-commerce, marketplace, jejaring social media, dan instant messenger. Dengan membuka kanal-kanal ini, UMKM dapat lebih luas untuk memperkenalkan, memasarkan produk dan menghasilkan transaksi tanpa terpaku pada toko offline saja. Bukan berarti UMKM tidak membutuhkan toko fisik (offline), membuka kanal-kanal digital sebagai wadah untuk menjangkau konsumen lebih luas. Adapun pelaku UMKM tidak memerlukan atau masih memerlukan toko fisik (offline), ini tergantung dari pelaku UMKM itu sendiri. Yang perlu diketahui perbedaannya adalah strategi yang digunakan sekarang menggabungkan cara konvensional dan cara digital, atau bisa juga dikatakan menggabungkan penjualan di toko fisik dengan toko online yang mencakup beberapa platform digital. Strategi Ini dapat disebut juga sebagai strategi Omnichannel. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Omnichannel, simak terus artikel ini.

Peran Omnichannel dan CRM dalam Bisnis

Omnichannel adalah strategi dimana pelaku bisnis menyediakan berbagai pilihan saluran komunikasi untuk konsumen yang saling terhubung satu sama lain. Strategi Omnichannel tidak hanya dapat digunakan di sektor UMKM tetapi semua sektor bisnis dapat memanfaatkan strategi ini. Misalnya untuk menangani komplain pelanggan, pemasaran yang ditargetkan berdasarkan data pelanggan, pemasaran di berbagai media sosial dan layanan pelanggan untuk menerima dan menjawab pertanyaan pelanggan.


Customer relationship management (CRM) memungkinkan UMKM untuk dengan mudah merekam semua data pelanggan dalam satu sistem, sehingga memudahkan untuk membuat target pemasaran. Selain memusatkan data pelanggan, CRM dapat terhubung ke Omnichannel, agar memudahkan UMKM untuk melacak interaksi pelanggan dari saluran-saluran komunikasi yang berbeda dalam satu dasbor.




#UMKMgoDigital dengan Omnichannel WhatsApp
#UMKMgoDigital dengan Omnichannel WhatsApp

Manfaatkan Peran Omnichannel WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan salah satu saluran dari omnichannel yang memberikan personalisasi kepada pelanggan. Dengan jumlah pengguna platform WhatsApp yang besar, Meta Group selaku pemilik WhatsApp, kini menawarkan banyak fitur menarik bagi para pelaku bisnis untuk mendapatkan interaksi terbaik antara pelanggan dan bisnis, seperti fitur untuk mengirim pesan dengan WhatsApp terverifikasi (tanda centang hijau) pada nomor bisnis.


Didukung oleh sistem CRM, data pelanggan dapat digunakan oleh UMKM untuk menargetkan promosi melalui WhatsApp Broadcast yang disesuaikan untuk pelanggan yang sudah pernah membeli atau pelanggan baru. Karena nomornya sudah terverifikasi dan memiliki centang hijau, Anda dapat mengirim promosi tanpa khawatir terblokir. Menariknya lagi, pelanggan dapat melakukan pemesanan atau transaksi secara mandiri tanpa campur tangan agen/admin di WhatsApp Business yang sudah menggunakan chatbot. Namun yang perlu Anda ketahui adalah untuk menikmati fitur WhatsApp Business API, perusahaan akan dikenakan biaya untuk menikmati fitur broadcast tersebut. Persyaratan mendaftar WhatsApp Business API dan biaya yang dikenakan dapat Anda ketahui pada artikel berikut.

Untuk registrasi WhatsApp Business API Anda bisa mencari mitra yang sudah terdaftar secara resmi di Official WhatsApp. Atau Anda dapat menggunakan layanan eBesha Omnichannel CRM.

eBesha Omnichannel CRM Solusi tepat untuk UMKM

Menggunakan layanan eBesha Omnichannel CRM, UMKM tidak memerlukan tim IT untuk membangun CRM dan solusi layanan Omnichannel, serta tidak perlu berinvestasi dalam infrastruktur server. Cukup berlangganan eBesha Omnichannel CRM untuk mendapatkan solusi Omnichannel dan CRM yang menghubungkan semua saluran Anda dalam satu dasbor. Data pelanggan yang terpusat di CRM memudahkan UMKM untuk mengelompokkan pelanggan ke dalam sebuah segmen, yang kemudian akan digunakan untuk menjalankan promosi dari WhatsApp Business API.

Apakah Anda ingin berlangganan CRM & Omnichannel WhatsApp?




Comments


bottom of page