top of page

Manfaatkan CRM & Omnichannel untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.



Manfaatkan CRM & Omnichannel untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Pelanggan adalah salah satu asset penting dalam kelangsungan sebuah bisnis. Meningkatkan loyalitas pelanggan agar selalu kembali untuk bertransaksi merupakan salah satu cara agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Membuat pelanggan loyal memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan menemukan pelanggan yang membeli produk pertama kali.


Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap berlangsungnya sebuah bisnis, baik barang maupun jasa. Banyak perusahaan berlomba-lomba mempertahankan loyalitas dan kepuasan pelanggan namun kepuasan pelanggan tidak dapat tercipta dengan mudah karena membutuhkan proses yang cukup panjang.


Untuk mempertahankan pelanggan dan membuat mereka tetap loyal terhadap bisnis, hal terpenting yang harus dilakukan adalah memberikan produk atau jasa dengan kualitas terbaik, selalu melakukan inovasi terhadap produk dan layanan pelanggan mudah dihubungi, cepat dalam merespon, tepat dalam memberikan solusi. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu mengetahui kebutuhan pelanggan agar dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan terus berinovasi.


Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Berikut ini cara meningkatkan loyalitas pelanggan:

  • Berikan pelayanan terbaik After sales yang baik, cepat dan mudah dihubungi menjadi faktor pelanggan untuk bertransaksi. Memberikan respon dan solusi cepat ketika ada masalah yang dihadapi oleh pelanggan, dapat menjadi salah satu alasan pelanggan untuk tetap setia kepada produk atau jasa perusahaan Anda.

  • Mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan Salah satu cara untuk mengetahui apa harapan pelanggan terhadap produk atau jasa yang kita berikan dengan cara mendengarkan masukan atau keluhan dari mereka. Dengan demikian kita dapat tahu apa yang pelanggan inginkan dan tetap memberikan pelayanan terbaik.

  • Jalin komunikasi Setelah pelanggan membeli produk atau jasa, jangan dibiarkan begitu saja! Harus terus menjalin komunikasi agar tercipta hubungan pelanggan yang baik sehingga memudahkan perusahaan dalam memberikan promo atau informasi lainnya terkait suatu produk atau layanan lainnya.

  • Berikan solusi saat ada masalah Ini merupakan suatu yang wajib, berikan respon dan solusi secepatnya ketika pelanggan mengalami masalah agar dapat diselesaikan sesuai SLA yang dijanjikan.

  • Selalu berinovasi Terus melakukan inovasi mengikuti perubahan perilaku yang sesuai dengan bisnis Anda, jika tidak ingin di tinggal oleh konsumen, karena sesuatu yang tidak pernah berubah itu adalah perubahan itu sendiri.


Lima poin diatas akan berjalan lebih baik jika data pelanggan yang tersentralisasi dalam satu sistem untuk mempermudah melihat Riwayat transaksi pelanggan, Anda dapat menggunakan sistem CRM untuk sentralisasi data pelanggan. Data pelanggan pada sistem CRM menjadi sumber perusahaan untuk mendapatkan informasi seputar pelanggan, seperti layanan yang mereka gunakan, keluhan yang dilaporkan, kebutuhan pelanggan, dan semua data tersebut dapat menjadi kesempatan baru bagi bisnis untuk berinovasi. Untuk itu data pelanggan harus tercatat dan tersimpan dalam satu sistem CRM agar memudahkan manajemen dalam mengevaluasi, membuat strategi baru dan Anda juga dapat meningkatkan pengalamam pelanggan dengan memberikan kemudahan dalam menghubungi layanan pelangggan atau after sales yang baik dengan Omnichannel.


Omnichannel menggabungkan berbagai saluran komunikasi ke dalam satu bentuk antarmuka dan dirancang untuk saling terintegrasi pada satu panel atau platform. Omnichannel, selain memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli, juga dapat digunakan untuk menangani suatu masalah terkait produk atau jasa yang digunakan. Dapat dikatakan omnichannel menjadi kunci terciptanya pelanggan loyalitas karena pelanggan sealalu mendapatkan pengalaman terbaik, mudah dan cepat.


Seperti eBesha Omnichannel CRM, adalah sistem CRM Service yang sudah terintegrasi dengan omnichannel, sehingga memungkinkan agent untuk mengelola banyak kanal layanan pelanggan dalam satu dasbor. Selain itu manajemen lebih mudah menilai performa setiap agent, pembagian agent secara rata, transfer chat dan convert to case. 




Comments


bottom of page