top of page

Tingkatkan Peluang Bisnis Dengan Menggunakan Omnichannel CRM

Strategi Omnichannel CRM menjadi salah satu sistem yang sedang digemari oleh bisnis saat ini karena kemajuan teknologi yang memungkinkan pelanggan dapat langsung berinteraksi dua arah dengan suatu produk atau layanan hanya melalui gawainya sehingga menuntut perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan menyediakan saluran layanan pelanggan yang dapat saling terhubung antar berbagai saluran seperti sosial media, email, live chat, dan saluran Omnichannel lainnya, agar tidak ditinggalkan oleh pelanggan. Disamping itu, dengan memaksimalkan penggunaan Omnichannel juga dapat juga membantu meningkatkan peluang bisnis.


Cara kerja sistem Omnichannel CRM yang menggabungkan berbagai saluran komunikasi layanan pelanggan ke dalam satu antarmuka dasbor, akan memudahkan agent layanan pelanggan dalam menangani setiap permintaan dan aduan pelanggan secara bersamaan, sehingga dapat juga meningkatkan peluang untuk menawarkan produk atau layanan lainnya untuk keberlangsungan bisnis.

Bagaimana Cara Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan?

Saat ini, pelanggan ingin semua serba mudah, semudah menanyakan suatu produk atau menyampaikan keluhan melalui pesan instan yang biasa mereka gunakan. Ketika pelanggan diberikan kemudahan, maka tingkat pengalaman yang mereka dapatkan akan meningkat dan berbanding lurus dengan terciptanya pelanggan yang loyal. Untuk meningkatkan interaksi pelanggan ada beberapa langkah yang dapat Anda bangun pada bisnis:


Menawarkan berbagai pilihan saluran komunikasi dengan pelanggan Menawarkan berbagai pilihan saluran layanan pelanggan adalah cara paling efektif untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan. Anda dapat menawarkan berbagai pilihan saluran komunikasi seperti pesan instan, email, telepon, obrolan langsung, dan media sosial untuk memfasilitasi komunikasi pelanggan dengan bisnis.


Mengelola interaksi pelanggan secara terpusat Setelah menawarkan pilihan saluran pelanggan yang berbeda, pastikan bahwa semua percakapan pelanggan di seluruh saluran yang berbeda dapat di pantau secara terpusat dalam satu sistem Omnichannel CRM. Hal ini untuk memberikan kemudahan bagian layanan pelanggan dalam menangani setiap permintaan dan aduan pelanggan, sehingga cepat dan efektif dalam memberikan respon.


Memberikan informasi yang akurat Informasi akurat seputar keluhan pelanggan yang sudah disampaikan dan bagaimana tindaklanjutnya sangat penting bagi kelanggengan produk dan layanan karena berdampak pada keberlangsungan bisnis. Terintegrasinya Omnichannel dengan sistem CRM akan membantu mengamati progress yang sedang ditangani secara sistematis, sehingga informasi dan setiap penanganan yang disampaikan ke pelanggan akurat karena semua dalam satu Sistem CRM.


Menyediakan solusi masalah yang cepat dan efektif Agar lebih efisien dan memudahkan pelanggan mencari informasi atau menyelesaikan masalah pelanggan, Anda bisa mengintegrasikan chatbot ke saluran layanan pelanggan yang bersifat teks. Dengan chatbot, pelanggan akan menerima umpan balik secara real-time, sehingga dapat memberikan response time yang baik bagi perusahaan serta penanganan yang lebih cepat.


Menyediakan layanan pelanggan yang dipersonalisasi Terakhir, dengan memberikan layanan pelanggan yang terpersonalisasi dengan menggunakan data dan analitik pelanggan maka dapat lebih tepat untuk mengetahui kebutuhan pelanggan agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Ketika pelanggan setia, maka secara otomatis meningkatkan peluang baru dimana pelanggan setia akan memberikan rekomendasi kita ke rekan mereka. Hal ini juga dapat menekan biaya operasional tim pemasaran perusahaan Anda.


Menerapkan Omnichannel CRM pada produk dan layanan, khususnya untuk layanan pelanggan, dapat membangun hubungan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan hasil positif bagi keberlangsungan bisnis.



Tingkatkan peluang bisnis dengan menggunakan Omnichannel CRM
Tingkatkan peluang bisnis dengan menggunakan Omnichannel CRM

Bisnis Apapun Dapat Menggunakan Omnichannel CRM.

Selama perusahaan tetap membutuhkan pelanggan untuk keberlangsungan bisnisnya maka dapat menggunakan sistem Omnichannel CRM. Sebagai contoh bisnis retail adalah sektor bisnis yang menjual produk atau jasa ke konsumen akhir (pelanggan) yang mencakup berbagai jenis toko, mulai dari toko swalayan hingga toko online.


Bagaimana penerapan Omnichannel CRM-nya?

Pertama, bisnis retail dapat memanfaatkan Sistem CRM untuk menyimpan data konsumen yang terkumpul dari berbagai saluran pelanggan. Personalisasi untuk memberikan pengalaman belanja yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Kedua, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, pemilik bisnis retail dapat menghubungkan pengalaman berbelanja konsumen, baik di toko online maupun offline dengan penggunaan berbagai saluran layanan pelanggan, yang memberikan kemudahan dan kecepatan akses pelanggan di berbagai saluran, seperti telepon, email, chat, dan lainnya.

Ketiga, selalu melakukan inovasi layanan berdasarkan kebutuhan pelanggan dengan menggunakan data pelanggan untuk memahami tren dan preferensi pelanggan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat. Selain menggunakan teknologi terbaru untuk membuat layanan pelanggan lebih efisien dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Ketiga faktor ini saling berhubungan untuk menciptakan pengalaman pelanggan terbaik untuk meningkatkan interaksi pelanggan dan membuka peluang baru. Jika Anda memiliki sistem pendukung lain, Anda dapat melakukan integrasi untuk membuat proses bisnis Anda lebih efisien dan memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten. Cara ini tidak hanya relevan untuk sektor ritel, tetapi sektor lain seperti fintech, F&B, pariwisata, media dan hiburan, perhotelan dan lainnya.

Bisnis Retail - Walmart Menggunakan Strategi Omnichannel CRM.

Kisah sukses salah satu perusahaan retail terbesar di dunia yaitu Walmart. Didirikan pada tahun 1962, Walmart memiliki sejarah panjang dan beragam dalam menyediakan layanan retail kepada pelanggan di seluruh dunia. Bisnis Walmart terutama berfokus pada penjualan produk konsumen, termasuk pakaian, makanan, elektronik, dan produk rumah tangga. Dalam upaya memenuhi kebutuhan berbagai pelanggan, Walmart mengoperasikan berbagai saluran layanan pelanggan, termasuk toko fisik, toko online, dan aplikasi seluler.

Walmart memanfaatkan strategi Omnichannel CRM dengan cara mengintegrasikan semua saluran pelanggan seperti toko fisik, website, aplikasi mobile, dan layanan pelanggan melalui media sosial seperti Telegram. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah dan cepat berkomunikasi dengan perusahaan dan memastikan bahwa layanan pelanggan tersedia 24/7. Walmart juga menggunakan data pelanggan yang dikumpulkan melalui saluran ini untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan dan memberikan layanan yang lebih disesuaikan dan dipersonalisasi.


Dari kisah sukses tersebut, apakah UMKM di Indonesia dapat mengikuti kesuksesan Walmart dalam menggunakan Strategi Omnichannel CRM ini? Tentu saja bisa. Di pasar Indonesia, para pelaku bisnis termasuk UMKM dapat memanfaatkan startegi ini dengan menggunakan layanan eBesha Omnichannel CRM sebagai pemain nomor #1 di Indonesia.

Mencari Layanan Omnichannel CRM? Gunakan eBesha

eBesha Omnichannel CRM merupakan penyedia layanan CRM Service yang sudah terintegrasi dengan Omnichannel, sehingga memudahkan tim customer service untuk mengelola pertanyaan dan keluhan pelanggan dalam satu sistem CRM. Tidak hanya itu, pelaku bisnis dapat memotong proses bisnis berlebih dengan menggunakan chatbot di layanan pelanggan, sehingga chat yang masuk ke tim akan lebih spesifik dan lebih cepat untuk di tangani.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kontak di bawah ini:


eBesha Omnichannel CRM
eBesha Omnichannel CRM





Comments


bottom of page