top of page

Chatbot to Case Aplikasi CRM Indonesia


CRM Indonesia, chatbot sangat membantu Perusahaan dalam memberikan layanan terbaik pada pelanggan. Tidak hanya itu, dengan menggunakan teknologi chatbot Perusahaan dapat menekan budget untuk layanan pelanggan, mulai dari infrastruktur karena dapat di terapkan di berbagai media channel, SDM, listrik, serta ruangan kantor. Lantas apa itu chatbot?

Chatbot adalah sistem chat yang digunakan untuk mengajukan pertanyaan dan akan dijawab langsung oleh Bot (robot), dilengkapi dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) sehingga lebih interaktif dalam merespon setiap pertanyaan.


Bagaimana sistem kerja chatbot? Chatbot CRM Indonesia

Chatbot akan merespon setiap pertanyaan dari pelanggan secara otomatis. Hal itu tentunya sudah ada pengelompokan kata kunci yang sering ditanyakan oleh pelanggan, sehingga chatbot dapat merespon secara otomatis. Semkin banyak kata kunci yang di daftarkan, akan semakin interaktif chatbot dalam merespon. Chatbot dapat digunakan di berbagai media channel seperti, website, aplikasi mobile, instant messenger (whatsapp, telegram, line ..) dan social media.


Chatbot digunakan pada Perusahaan untuk layanan pelanggan (customer service). Agar layanan pelanggan dapat memberikan layanan terbaik, chatbot harus dihubungkan dengan CRM sehingga segala interaksi pelanggan dapat dipantau oleh agen dan tercatat di sistem CRM. Tercatatnya segala interaksi pelanggan, baik keluhan ataupun sebuah pertanyaan dapat dijadikan evaluasi oleh management untuk meningkatkan performa Perusahaan, memberikan solusi kepada pelanggan dengan tepat, meningkatkan penjualan (up selling & cross selling), serta memberikan respon yang cepat dan tepat kepada pelanggan dapat meningkatkan kepercayaan dan membentuk loyalitas pelanggan. Pelanggan yang loyal akan memberikan dampak baik bagi perusahaan, pelanggan loyal akan bercerita tentang penggalaman mereka atas kepuasan layanan yang kita berikan dan memberikan rekomendasi kepada rekan bisnisnya. Pelanggan merupakan asset perusahaan, itu pentingnya menjalin hubungan dengan pelanggan (after sales service).


eBesha Omnichannel CRM
“Konsistensi di semua titik kontak adalah kunci untuk memberikan pelayanan terbaik”

CRM Indonesia sudah mengakomodir media channel cukup banyak, mulai dari Email, Website, telepon, Instant Messenger, Social Media, atau dapat juga disebut sebagai Omni Channel. Semua media tersebut akan di monitoring dalam satu halaman di CRM, tentu hal ini memudahkan agen.


PT Lintas Media Danawa sebagai perusahaan yang mendapatkan CRM Award tiga kali berturut-turut, memberikan solusi eBesha CRM untuk menangani dan mengelola hubugan antar pelanggan dengan perusahaan dan dapat diintegrasi dengan berbagai media channel.




bottom of page