top of page

Jangkau Pelanggan UMKM Lebih Luas Dengan Omnichannel CRM


UMKM Menerapkan Strategi Omnichannel CRM. Konsumen adalah prioritas utama. Hal ini berlaku baik bagi usaha kecil menengah (UMKM) maupun usaha besar. Karena tanpa ada pelanggan yang loyal, maka perusahaan tidak dapat menghasilkan transaksi lebih. Di era digital ini, dengan maraknya platform pemasaran dan penjualan, tingkat persaingan bisnis semakin meningkat. Itu sebabnya banyak pelaku bisnis memanfaatkan semua platform dan saluran penjualan untuk menarik pembeli.

Omnichannel CRM

Perubahan perilaku konsumen dalam mencari informasi, kini telah berubah. Mereka banyak menggunakan platform digital untuk mencari informasi dan berinteraksi dengan pelaku bisnis. Melihat perubahan tersebut, badan usaha UMKM membutuhkan strategi untuk memberikan pengalaman terbaik dalam mencari informasi dan melakukan transaksi di berbagai platform digital agar penjualan dapat meningkat. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Omnichannel CRM.


Omnichannel CRM adalah solusi bisnis yang mencakup beberapa saluran untuk selalu menghubungkan pelanggan dengan pelaku bisnis UMKM. Tujuan utamanya tentu saja untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan menjangkau pelanggan dimanapun dan terhubung dengan mudah dari berbagai saluran yang mereka sukai. Dengan menerapkan Omnichannel CRM, pelanggan dapat mengeksplorasi secara efisien dari setiap saluran, karena setiap platform terintegrasi dengan yang lain.


Manfaat Omnichannel CRM

Mengurangi redudansi dalam perusahaan dan memfasilitasi interaksi pelanggan dengan pengusaha adalah manfaat yang dapat dicapai jika UMKM menerapkan strategi Omnichannel CRM. Manfaat lainnya:

  • Pelanggan tidak hanya terpaku pada satu sumber/platform dalam mencari informasi untuk membeli produk. Karena pelanggan dapat dengan mudah dan nyaman mencari informasi tersebut dari platform manapun.

  • Pelanggan dengan mudah berinteraksi dengan bisnis untuk bertanya seputar produk dan melakukan transaksi, membuat mereka merasa puas dan tidak ragu untuk berbisnis kembali.

  • Kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan meningkat dengan menerapkan strategi Omnichannel CRM. Selalu memprioritaskan pelanggan dengan menyediakan saluran konsisten yang dapat memberikan layanan terbaik bagi pelanggan.

  • Data interaksi pelanggan kepada pelaku bisnis dapat digunakan untuk evaluasi dan analisis guna meningkatkan pengembangan bisnis.

  • Admin atau agen dapat menjawab pertanyaan pelanggan dalam satu dasbor tanpa harus beralih ke masing – masing perangkat. Hal ini tentunya dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi pada Bisnis.


Omnichannel CRM dapat menyatukan saluran Email, WebForm, WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, Instagram DM, Twitter DM, dan obrolan langsung (live chat) di situs website perusahaan. Saluran tersebut dapat di monitor dalam satu dasbor Omnichannel CRM.


Jangkau Pelanggan UMKM Lebih Luas Dengan Omnichannel CRM
Jangkau Pelanggan UMKM Lebih Luas Dengan Omnichannel CRM

Langkah-langkah untuk menerapkan Omnichannel CRM

Jika Anda ingin secara mandiri membuat strategi Omnichannel CRM untuk bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan, antara lain:


Aplikasi Omnichannel CRM Anda harus mendedikasikan tim pengembangan IT untuk membuat aplikasi Omnichannel CRM.


Infrastruktur Server untuk aplikasi Omnichannel CRM yang telah dibuat oleh tim pengembangan IT Anda, sehingga tim terkait yang berwenang dapat mengakses aplikasi tersebut secara bersamaan.


Support Team Pada saat aplikasi berjalan, Anda harus menyediakan tim untuk selalu memantau apakah server dan aplikasi dapat berfungsi dengan baik sehingga tetap terjaga performanya saat digunakan.


Alternatif-nya adalah Anda dapat menggunakan aplikasi Omnichannel CRM yang sudah tersedia, seperti eBesha Omnichannel CRM, selain lebih menghemat biaya yang telah disebutkan diatas, Anda dapat lebih mengutamakan bagaimana meningkatkan bisnis Anda tanpa harus membagi waktu dan tenaga untuk membangun & mengelola sistem Omnichannel CRM tersebut.


eBesha Omnichannel CRM adalah sistem CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel, untuk menangani dan mengelola keluhan / aduan serta inquiry pelanggan terhadap layanan, seperti penanganan aduan, permintaan informasi layanan, dan lainnya, yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan Anda.





Comments


bottom of page