top of page

Pentingnya Content Delivery Network (CDN) Pada Website Bisnis Anda!

Definisi dan Fungsi CDN

CDN - Content Delivery Network, jika dipahami secara mendasar sebagai jaringan distribusi konten. Seperti namanya, fungsi utama CDN adalah mengirimkan atau mengalirkan konten (biasanya website) melalui jaringan komputer.

Cara kerja CDN dalam pengiriman konten adalah dengan melakukan hosting ke konten website di media penyimpanan (cache) pada server yang terletak di lokasi geografis yang berbeda (Points of Presence), sehingga pengunjung situs website dapat mengakses lebih cepat.

Saat pengguna mengunjungi situs website , data dari server backend situs website tersebut harus melakukan perjalanan melalui internet untuk menjangkau pengguna. Karena sifat Internet yang global dan kompleks, lalu lintas komunikasi antara situs website (server) dan penggunanya (klien) harus menempuh jarak fisik yang jauh, yang jelas memakan waktu lama. Karena konten halaman website bervariasi dari teks, gambar hingga video, jika lokasi pengguna jauh dari server, akan memakan waktu lama untuk memuat file berukuran besar. CDN mempersingkat waktu memuat ulang semua konten situs website untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan pengunjung website di seluruh dunia.

Dengan demikian, konten situs website disimpan di server CDN yang secara geografis lebih dekat dengan pengguna dan mencapai komputer pengguna lebih cepat.

Pentingnya Content Delivery Network  (CDN) di Website Bisnis
Pentingnya Content Delivery Network (CDN) di Website Bisnis

Overview Content Delivery Network (CDN)

CDN meningkatkan efisiensi dengan memperkenalkan server perantara antara klien dan server situs website. Server CDN ini mengelola bagian dari komunikasi klien-server. Server CDN mengurangi lalu lintas website ke server website, mengurangi konsumsi bandwidth, dan meningkatkan pengalaman pengguna untuk aplikasi dan website Anda.

Cara Kerja CDN
Cara Kerja CDN

CDN memastikan bahwa situs website dapat diakses di secara global. CDN cukup efektif dalam mengurangi penggunaan sumber daya (resource) seperti ruang disk dan bandwidth. CDN meningkatkan kecepatan loading website, terutama jika lokasi pengunjung dekat dengan server CDN.


Varnish CDN

Salah satu penyedia layanan CDN (Content Delivery Network) terkemuka adalah Varnish Software AB dengan produk Varnish Private CDN. Varnish Private CDN adalah CDN yang dapat disesuaikan sepenuhnya dengan kebutuhan pelanggan dengan menyediakan sistem khusus untuk mengontrol pengiriman konten Anda, yang dapat memberikan pengalaman CDN (Content Delivery Network) untuk mengoptimalkan pengguna tanpa harus membangun dari awal.


Teknologi varnish yang fleksibel dan terkini, dengan komponen yang telah dibuat dan mengoptimalkan untuk mendukung kinerja sistem penyimpanan (chaching) modern, dapat memberikan solusi CDN pribadi yang aman, cepat, dan akurat, akurat untuk menemukan titik keberadaan (PoP - points of presence) secara strategis.

Varnish adalah proksi terbalik HTTP yang mengesankan. Satu node Varnish Enterprise dapat menangani lebih dari 100.000 permintaan secara bersamaan dengan latensi sub-milidetik dan throughput hingga 500 Gigabit per detik.


Varnish Private CDN memiliki banyak tingkatan (tiers) terpisah. Berkat VCL (Varnish Configuration Language) yang digunakan di Varnish Controller, setiap level dapat mengoptimalkan untuk tujuan spesifik guna memberikan kinerja, efisiensi, dan pengalaman pengguna terbaik.

Varnish CDN Tiers
Varnish CDN Tiers

Tingkat tier atau tier edge adalah node Varnish yang paling dekat dengan pengguna, yang memberikan konten latensi yang lancar dan rendah. sedangkan tier atau storage tier dapat mengoptimalkan untuk menyimpan kumpulan data volume besar. Tingkat Origin-Shield secara signifikan mengurangi lalu lintas backend, meminimalkan jumlah permintaan yang dikirim ke backend. Hasilnya, Varnish dapat mengumpulkan sebagian besar lalu lintas (traffic) jaringan ke server asal untuk optimal kinerja serta penghematan biaya yang signifikan.

Varnish Controller

Menggunakan Varnish Controller membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk menerapkan, memulihkan (rollback), dan menskalakan Varnish Cahce yang lebih cepat, mudah. Varnish Controller antarmuka pengguna dan memiliki baris perintah yang memanfaatkan REST API yang ter-dokumentasi lengkap yang menangani semua komunikasi dan juga memungkinkan integrasi dengan sistem eksternal.

Varnish Controller adalah sistem yang sepenuhnya ter-enkripsi, redundan, dan autentikasi dengan dukungan Active Directory untuk mengikat akses ke controller.

Varnish Controller Interface
Varnish Controller Interface

Varnish Private CDN (Content Delivery Network) memiliki keunggulan seperti:


High availability Konten dapat disalin ke setiap node Varnish yang tersedia untuk memastikan konten telah disalin (cache) seluruh PoP agar mudah diakses kapan saja, di mana saja dengan mudah dan cepat.


Request collapsing Memiliki kemampuan untuk menggabungkan permintaan berulang untuk konten yang sama ke dalam satu permintaan untuk menghindari kelebihan server utama.


Broadcaster Mampu mengirimkan permintaan cache flush ke semua node varnish yang tersedia secara bersamaan, sehingga konten selalu dapat diperbarui.

Varnish CDN merupakan solusi terbaik untuk mempercepat website bisnis di perusahaan Anda, memberikan efisiensi operasional perusahaan, meningkatkan pengalaman pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis dan meningkatkan transaksi bisnis karena akses yang cepat pada website bisnis Anda. PT Lintas Media Danawa merupakan partner resmi dan satu-satunya di Indonesia. Ingin tahu infomasi lebih lanjut tentang CDN?




Comentarios


bottom of page