top of page

Tingkatkan Waktu Respon PelangganDengan WhatsApp Business API dan Chatbot


WhatsApp Business API dapat memberikan respon cepat ke pelanggan dengan bantuan robot atau chatbot. Pentingnya respon cepat kepada pelanggan merupakan harga mutlak bagi layanan pelanggan. Bukan hal asing lagi bahwa pelanggan itu tak suka menunggu lama, mereka ingin direspon dengan cepat agar permasalahan mereka bisa selesai dalam waktu singkat atau informasi yang mereka butuhkan didapatkan dengan cepat dan mudah.

Di era digital yang super canggih seperti sekarang ini, bisa diperkirakan bahwa ekspektasi pelanggan terhadap pelayanan akan terus meningkat terutama dalam hal kecepatan respon. Selain melihat dari sisi kualitas produk atau layanan, after sales service menjadi pertimbangan pelanggan dalam membeli produk atau menggunakan jasa pada perusahaan. Untuk itu respon lah lebih cepat agar pelanggan tidak menunggu lama, jangan sampai karena respon yang lambat pelanggan jadi punya pengalaman buruk atau lebih parahnya lagi mereka sampai kehilangan kepercayaan.

Kenapa Layanan Pelanggan Begitu Penting Dalam Bisnis?

Pelanggan adalah aset penting dan utama dalam dunia bisnis. Sebuah bisnis bisa gulung tikar bila tidak ada lagi pelanggan yang melakukan transaksi. Maka dari itu, penting untuk memprioritaskan kepuasan pelanggan dibandingkan apapun. Sebab, pelanggan yang puas bukan hanya akan membeli produk Anda kembali, tapi mereka juga akan merekomendasikan Bisnis Anda ke banyak orang.


Hal buruk akan terjadi pada bisnis jika tim customer service melakukan hal ini:

Customer service lambat dan buruk Pelanggan akan memilih berhenti berinteraksi dengan suatu brand yang memiliki kualitas customer service buruk. Agar pelanggan tetap loyal maka perbaiki dan mempercepat layanan customer service.

Pelanggan tidak menjadi prioritas Hampir setiap pelanggan mengharapkan menjadi prioritas, tidak untuk diabaikan dan dilayani dengan maksimal. Membuat pelanggan merasa ada koneksi dan juga merasa diperlakukan spesial itu ternyata sangat penting.

Minimnya saluran layanan pelanggan Kurangnya media pelanggan untuk menghubungi juga menjadi faktor pelanggan berhenti untuk menggunakan jasa tau produk Anda. Bisnis harus menyediakan dan memudahkan pelanggan dalam menghubungi tim customer service.



Omnichannel WhatApp Business API
Omnichannel WhatApp Business API

WhatsApp Business API & Chatbot Mempercepat Respon ke Pelanggan

WhatsApp merupakan salah satu saluran untuk pelanggan terhubung dengan bisnis, saluran ini banyak diminati oleh pebisnis karena banyak pelanggan dengan mudah menghubungi melalui WhatsApp. Bagi bisnis WhatsApp Business API memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan, selain broadcast pesan, fitur lainnya adalah WhatsApp Chatbot.

Chatbot adalah aplikasi interaktif yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui beberapa platform, salah satunya WhatsApp. Chatbot tersebut dapat memahami perintah dan menjawab pertanyaan pengguna secara cepat dan relevan, memberikan efisiensi waktu untuk Agent dalam memberikan respon.

Respon untuk transaksi lebih cepat Dengan mendapatkan informasi lebih mudah dan cepat melalui chatbot sebelum terhubung dengan agent, mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi lebih cepat.

Realtime feedback Ketika pelanggan melakukan chat, secara real-time chatbot menjawab atas pertanyaan atau keluhan yang disampaikan oleh pelanggan. Dengan bantuan chatbot, kini pelanggan mendapatkan pengalaman yang lebih cepat dalam menghubungi layanan pelanggan pada Bisnis Anda.

Self-service pelanggan Pertanyaan bersifat umum dan keluhan yang sering terjadi bisa di input ke dalam sistem chatbot, agar interaksi tidak langsung ke agent. Sehingga pelanggan dapat apa yang mereka inginkan secara mandiri tanpa keterlibatan agent.

Memberikan fasilitas kemudahan dan respon cepat kepada pelanggan bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap bisnis yang Anda jalani.

Manfaatkan WhatsApp Chatbot Sekarang Juga!

Untuk memanfaatkan WhatsApp Chatbot tentunya harus melalui penyedia layanan Omnichannel, seperti eBesha Omnichannel CRM. Dengan berlangganan eBesha Omnichannel CRM nomor WhatsApp Anda akan ter-verifikasi (centang hijau) untuk memanfaatkan fitur broadcast dan chatbot, menyatukan berbagai saluran layanan pelanggan dalam satu dashboard untuk memudahkan agent memonitor laporan pelanggan, dan mengukur performa respon setiap agent.

Ingin meingkatkan konversi transaksi berkali-kali lipat dan menekan biaya operasioana? Hubungi kami segera ke hello@ebesha.net dan WhatsApp 0811-8080-850


eBesha Omnichannel CRM
eBesha Omnichannel CRM


留言


bottom of page