top of page

Tingkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan Dengan Omnichannel CRM


Omnichannel CRM - Ketika pelanggan menggunakan produk atau jasa, selain menjadi solusi untuk memecahkan masalah, mereka juga memiliki ekspetasi tentang layanan pelanggan yang didapat berdasarkan kualitas produk dan jasa yang digunakan. Dalam menjalankan bisnis, menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah hal penting. Semakin baik cara yang diterapkan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan, maka akan semakin sukses bisnis yang dijalankan, contohnya menggunakan solusi Omnichannel CRM.

Untuk dapat terus memastikan kepuasan pelanggan, sebuah bisnis harus konsisten dalam memberikan kualitas produk atau jasa yang baik dengan layanan pelanggan yang memuaskan dan berkualitas. Manfaatnya, terjalinya hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang memberikan banyak keuntungan bagi bisnis, salah satunya loyalitas pelanggan dan kemudaha menawarkan jasa atau produk baru.

Alasan Mengapa Pentingnya kesetiaan pelanggan

  • Biaya operasional lebih rendah jika mempertahankan pelanggan di banding mencari pelanggan baru. Padahal pelanggan lama yang loyal membantu meningkatkan omset bisnis, akan tetapi mencari pelanggan baru bukan tidaklah penting.

  • Pelanggan loyal akan memberikan lebih banyak pendapatan, karena pelanggan yang telah percaya dengan produk atau jasa, maka mereka tidak akan ragu membayar lebih untuk itu.

  • Pelanggan loyal menjadi bagian dari bisnis, pelanggan yang loyal dan puas cenderung akan merekomendasikannya kepada orang di sekitar mereka, tanpa perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang berlebih.

  • Mengurangi biaya operasional layanan pelanggan, karena telah terbiasa dengan layanan atau produk, tentunya mereka tidak membutuhkan banyak bantuan seperti halnya pelanggan baru.


Tingkatkan Kualitas Pengalaman
Tingkatkan Kualitas Pengalaman

Tiga Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Salah satunya harus terciptanya pengalaman pelanggan terlebih dahulu. Lantas, apa itu customer loyalty? Loyalitas pelanggan adalah wujud kesetiaan konsumen untuk menggunakan suatu produk atau jasa secara terus menerus, karena memiliki kepuasan yang tinggi terhadap produk atau jasa yang digunakan.

Untuk mencapai hal tersebut harus memulai dari langkah berikut:

  1. Customer service harus cepat merespon dan siap sedia 24/7 serta memiliki berbagai pilihan channel untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

  2. Customer Experience atau pengalaman pelanggan yang timbul karena baiknya layanan dari agent customer service akan memberikan dampak positif terhadap kualitas produk atau jasa yang digunakan oleh pelanggan dan kepada perusahaan itu sendiri.

  3. Meningkatkan Customer Loyalty atau loyalitas pelanggan, adalah ketika customer service memberikan pengalaman layanan yang terbaik sehingga terciptanya loyalitas pelanggan.

Dari tiga cara menciptakan customer loyalty seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka hal yang harus diperkuat adalah operasional customer service atau layanan pelanggan. Trend bisnis saat ini memberikan pilihan channel (omnichannel) kepada pelanggan agar nyaman dalam berkomunikasi dari channel yang mereka sukai, serta kecepatan dalam merespon dan pemecahan masalah. Jika customer service tidak dibekali dengan solusi yang tepat, maka tidak akan terjadi pengalaman pelanggan yang sempurna, dan tentunya loyalitas pelanggan tidak akan terbentuk.

Omnichannel CRM dapat menjadi solusi bagi pelaku binsis untuk menjawab tantangan tersebut. Omnichannel, merupakan kumpulan berbagai channel layanan pelanggan yang saling terhubung satu dengan lainnya dalam satu dasbor sistem CRM.

“Jika pelanggan telah percaya dengan produk atau layanan, maka mereka tak akan ragu membayar lebih untuk itu”. Diskusikan lebih lanjut hello@ebesha.net atau WhatsApp 0811-8080-580

eBesha Digital Solution www.ebesha.net E: hallo@ebesha.net || WhatsApp: 0811-8080-580

תגובות


bottom of page