top of page

Kupas Tuntas Apa Itu Mail Server & Bagaimana Cara Kerjanya - Part 1


Apa itu Mail Server

Mail Server adalah program yang bekerja untuk mendistribusikan email dalam suatu jaringan. Cukup satu klik, Anda bisa mengirim email ke orang lain yang sedang berada di tempat yang jauh. Lalu, bagaimana sih sebenarnya sebuah email sampai ke penerima? Berikut pembahasan secara lengkap:


  • Apa itu mail server

  • Kelebihan mail server

  • Komponen yang ada pada mail server

  • Mengenal protocol pada mail server

  • Jenis-jenis mail server dan cara kerja mail server


Pada bisnis apapun email adalah persyaratan penting untuk sarana komunikasi, Tentu saja, untuk berkomunikasi secara profesional antara pelaku bisnis. Oleh karena itu email adalah suatu kebutuhan yang cukup penting untuk industri dan pekerjaan.

Sederhananya, mail server


Managed Email Server
Managed Email Server

Kelebihan Mail Server

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika menggunakan mail server. Terutama jika dibandingkan dengan platform gratisan seperti Google, Yahoo, atau Hotmail.


Mendapat Kepercayaan Dari Pelanggan Dengan menggunakan email berbayar, Anda tidak hanya menggunakan mail server khusus, tetapi juga domain sendiri. Tentunya, itu dapat menunjukkan profesionalisme perusahaan dan membuat kepercayaan dari pelanggan terus meningkat.


Meningkatkan Kualitas Privasi Data Salah satu kelebihan mail server adalah privasi data yang lebih terjamin. Mail server akan memberikan keamanan berkualitas karena menggunakan jaringan khusus dan hanya dapat dipakai oleh pihak internal. Sehingga, orang luar tidak dapat mengakses data email kamu karena telah terlindungi.


Lebih Cepat Serta Efisien Keunggulan lain dari mail server adalah tingkat kecepatannya dalam mengakses email maupun data-data di dalamnya. Bagaimana tidak, layanan mail server diibaratkan seperti kendaraan pribadi untuk melakukan mobilitas. Sehingga, kamu akan menjadi lebih efisien lantaran mampu mengatur distribusi dengan leluasa. Bagi perusahaan, hal ini tentunya membantu meningkatkan kualitas komunikasi antar karyawan dan klien.


Pengaturan Yang Praktis Seperti penjelasan sebelumnya, kelebihan mail server adalah membantu pengelolaan akun email menjadi jauh lebih efektif dan tentunya praktis. Ya, kamu dapat mengatur, memelihara, hingga melakukan konfigurasi mail server sesuai keinginan maupun kebutuhan.


Kerusakan Dapat Langsung Diatasi Mail server juga memberikan kemudahan untuk melakukan perbaikan bila terjadi kerusakan. Berbeda dengan layanan email gratis lainnya seperti Gmail atau Yahoo yang memakan waktu cukup lama guna menuntaskan persoalan keluhan, aduan, ataupun kritik dan saran

Komponen yang ada pada Mail Server

Secara umum, semua server email terdiri dari tiga komponen yaitu MTA, MDA, dan MUA. Setiap komponen memiliki peran spesifik dalam proses memindahkan dan mengelola email.

Flow Process Mail Server
Flow Process Mail Server

MUA (Mail User Agent)

MUA atau Mail User Agent yang merupakan salah satu komponen dengan fungsi mengirim, menata, serta menerima email. Contoh MUA ini diantaranya seperti Gmail, Outlook, Yahoo, Thunderbird dan lain-lain


MTA (Mail Transport Agent)

MTA atau Mail Transport Agent merupakan suatu komponen dalam mail server yang berfungsi melakukan pengiriman serta penerimaan email dari satu server ke server lainnya. Bisa dibiliang, MTA bertugas menangani sistem pendistribusian pesan dengan menyeluruh.

Bukan cuma sekadar menerima dan mengirim, MTA juga memilih server, meminta catatan mail exchange, hingga merespon ketika terjadi kesalahan. Misalnya, jika email gagal dikirim, maka MTA akan memberikan pesan tanggapan secara otomatis.


MDA (Mail Delivery Agent)

Sementara, MDA atau Mail Delivery Agent ialah software yang berfungsi menyalurkan email dari server MTA. bahkan, sejumlah MTA juga bisa bekerja sebagai MDA bila sedang menambah suatu pesan baru ke dalam dokumen pesan pengguna lokal. MDA ini juga sering kali disebut sebagai Local Delivery Agent (LDA).

Berikut pembahasan mengenai apa itu mail server, keuntungan bagi bisnis dan komponen apa saja yang ada di mail server. Untuk jenis protocol dan cara kerja akan kami bahas di artikel selanjutnya di bagian 2.




Comments


bottom of page